IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Authors

  • Maulia Salsanabila Azizah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Luthfi Rizky Lukmawati
  • Noviyanti
  • Afra Nur Ainy
  • Asni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan, kualifikasi guru, dan peningkatan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Dasar (SD) Islam Tahfidz Quran As Syafiiyah Kabupaten Magelang, Indonesia. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Objek penelitian ini dilakukan di SD Islam Tahfidz Quran As Syafiiyah. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru telah melakukan perencanaan pembelajaran secara masif dan maksimal melalui persiapan RPP, sumber materi pembelajaran telah dikembangkan melalui pelatihan kompetensi guru, penggunaan media pembelajaran yang variatif, pemilihan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, pelaksanaan evaluasi di setiap pembelajaran, dan pengembangan strategi di luar kelas.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Azizah, M. S., Lukmawati, L. R., Noviyanti, Ainy, A. N., & Asni. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR. Lubna : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 1–12. Retrieved from https://jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/lubna/article/view/343