Konsep Pendidikan Akidah Tuan Guru Haji Abdul Qadir Nur Dalam Kitab Ibtida al-Tauhid

Konsep Pendidikan Akidah Tuan Guru Haji Abdul Qadir Nur Dalam Kitab Ibtida al-Tauhid

Authors

  • Ahmad Harisuddin
  • Siti Salmah Wahyuni

Keywords:

Kai Dodol, Tuan Guru Abdul Qodir Nur, Pendidikan Aqidah, Konsep

Abstract

Terdapat beberapa karya tulis penting dari para ulama Banjar yang sarat dengan konsep pendidikan ketauhidan, di antaranya karya Tuan Guru Haji Abdul Qadir Nur (1911-1980). Kajian ini bertujuan menggali konsep pendidikan akidah Tuan Guru Haji Abdul Qadir Nur dalam kitab Ibtid?’ al-Tauhid. Diharapkan khazanah kearifan lokal semakin kaya sebagai modal kultural dalam perumusan model pendidikan akidah Islam yang lebih tepat sasaran. Kajian ini tergolong studi eksploratif, menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara, serta analisis isi kualitatif. Ditemukan bahwa konsep pendidikan akidahnya meliputi tujuan pendidikan yang lebih dekat dengan konsep empat tujuan pendidikan Islam al-Jam?liy, yaitu dua tujuan terkait tanggung jawab pendidik dan dua tujuan terkait tujuan penyusunan kitab; prinsip pendidikan yang bersifat memudahkan para pembelajar akidah tingkat pemula; metode pendidikan yang mencontoh gaya dan strategi Alquran, yaitu metode keteladanan, ‘ibrah, dan dialog; dan materi sifat dua puluh yang terlihat sangat kental bermazhab Asy’ariyah-Sanusiyyah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-14

How to Cite

Ahmad Harisuddin, & Siti Salma Wahyuni. (2020). Konsep Pendidikan Akidah Tuan Guru Haji Abdul Qadir Nur Dalam Kitab Ibtida al-Tauhid: Konsep Pendidikan Akidah Tuan Guru Haji Abdul Qadir Nur Dalam Kitab Ibtida al-Tauhid. An-Nahdhah | Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 177–200. Retrieved from https://jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/66