Problematika Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Islam Hasanuddin

Authors

  • Nor Asyriah

Keywords:

Problematika, Alat Peraga, Matematika

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SMP Islam Hasanuddin Dau serta memberikan alternatif penyelesaian untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Hasanuddin Dau, Malang dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah satu orang  guru matematika dan dua orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Diantara hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika di sekolah ini, yaitu: (1) kurangnya ketersediaan alat peraga yang memadai untuk materi yang seharusnya diajarkan dengan menggunakan alat peraga; (2) guru hanya menggunakan alat peraga yang ada tanpa adanya inisiatif untuk membuat alat peraga sendiri; dan lainnya. Alternatif penyelesaian untuk mengatasi problematika tersebut dengan membuat alat peraga sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-07-18

How to Cite

Nor Asyriah. (2019). Problematika Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Islam Hasanuddin . An-Nahdhah | Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 11(1), 139–158. Retrieved from https://jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/49